Jumat, 05 Agustus 2016

Cara cepat membasmi kepedasan,bukan dengan air putih!

Bukan dengan Air Putih, Ini Cara Cepat Usir Pedas yang Membakar Lidahmu!

Bukan dengan Air Putih, Ini Cara Cepat Usir Pedas yang Membakar Lidahmu!

Bisa dengan roti atau nasi!
Sensasi menikmati makanan pedas memang tak bisa dielakkan, apalagi buat orang Indonesia. Kalau tak pedas, rasanya tak nampol. Gak lengkap.
Tapi, makan makanan pedas juga kadang bikin kesel. Soalnya rasa pedasnya gak hilang-hilang di lidah. Badan pun jadi keringetan. Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengusir rasa pedas. Bukan dengan minum air putih sebanyak-banyaknya, ini cara lain mengatasi pedas yang wajib kamu terapkan!

1. Minum susu kental manis atau mengkonsumsi makanan yang mengandung susu juga bisa menghilangkan rasa pedas.

Susu mengandung kasein. Senyawa ini berfungsi menetralkan rasa pedas yang membakar mulut dan lidah. Daripada minum air putih banyak-banyak bikin kembung, saat kepedesan minumlah susu segelas kecil atau kunyah makanan yang mengandung susu.

2. Konsumsi yogurt sesaat setelah makan makanan pedas.

Sama seperti susu, yogurt pun dapat meredakan rasa pedas. Saat kepedesan, suhu tubuh akan meningkat. Namun, dengan mengonsumsi yogurt, suhu akan menurun. Yogurt juga memudahkan tubuh mencerna makanan.

3. Makan roti atau biskuit secuil saja sudah bisa meredakan pedas yang membakar mulutmu.

Roti terbukti ampuh menyerap rasa pedas yang tertinggal di lidah atau mulut. Sejatinya, cabai mengandung minyak bila dikonsumsi di dalam tubuh. Minyak itu akan terserap oleh roti yang dikonsumsi sehingga rasa pedasnya luntur.

4. Selain roti, kamu juga bisa makan nasi. Dikit aja yang penting menetralkan pedas.

Kalau gak ada roti, kamu bisa mengkonsumsi sedikit nasi untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa pedas yang membakar mulut. Nasi sama seperti roti, nasi dapat menyerap rasa pedas dan akan mengurangi rasa panasnya dalam waktu yang relatif cepat.

5. Nyemil sedikit selai kacang atau kacang-kacangan setelah mengonsumsi santapan pedas bisa bikin mulutnya nyaman.

Selai kacang atau kacang-kacangan, seperti kacang tanah, banyak mengandung lemak yang dapat melunturkan rasa pedas saat disantap. Sama halnya dengan susu dan yogurt. Menyantap kacang setelah memakan makanan dengan sensasi cabai yang nampol bisa mengurangi rasa pedas yang melekat pada lidah dan mulut.

6. Minum lemon atau sari asam. Pokoknya makan yang asam-asam bisa menetralkan mulutmu dari rasa pedas.

Selain minum susu atau yang manis-manis, minum yang asam-asam juga dapat mengatasi masalah kepedesan. Kamu bisa langsung mengonsumsi jeruk buah atau menghisap lemon, yang tentu terasa lebih segar. Alhasil, rasa pedas pun hilang dalam sekejap.

7. Makan pisang atau minum jus buah juga ampuh mengusir pedas.

Pisang atau buah-buahan yang berserat dapat efektif mengusir rasa pedas. Kandungan seratnya yang tinggi membantu melarutkan pedas yang menempel di lidah dan mulut.

8. Cuci mulut dengan minyak zaitun, dijamin mulutmu tak lagi terbakar karena rasa pedas.

Minyak zaitun berkhasiat untuk berbagai hal, termasuk mengusir rasa pedas. Cukup tuangkan minyak zaitun dalam sendok makan, masukkan ke mulut, lalu berkumurlah. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Pedas pun hilang dalam sekejap.
Ternyata tak perlu repot-repot minum air putih bergelas-gelas kan untuk mengusir pedas. Cara ini bisa kamu terapkan sekarang,guys~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar