Kamis, 04 Agustus 2016

Tips memilih semangka berkualitas yang merah dan manis

Tips Memilih Semangka Berkualitas yang Merah dan Manis



Image result for tips memilih semangka yg bagus
        



Semangka adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Buah dengan bentuk bulat besar yang rasanya segar sekali karena banyak mengandung air ini memang segar sekali sebagai pembuka dalam menyantap atau cemilan sambil menonton televisi!Selain itu,semangka juga kaya akan manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan lho,guys!!

Nah yang jadi resah itu saat memilih semangka ketika kita membelinya ya guys, Terkadang kita salah memilih semangka, dari luar bentuknya besar dan terlihat segar tapi ketika di buka dalamnya berwarna agak putih dan rasanya tidak manis. Nah untuk mengatasi hal tersebut saya akan berbagi Trik Memilih Semangka Berkualitas yang Merah dan Manis.


Trik Memilih Semangka Berkualitas yang Merah dan Manis

  • Pastikanlah bahwa kulit buah semangka terlihat mulus tanpa cacat. Sobat bisa melakukanya dengan memperhatikan bagian luar buahnya. Buah semangka yang sudah matang, biasanya ditandai dengan warna kulit luar hijau gelap.

  • Pilihlah semangka yang pada bagian paling atas dan pada ruas garis yang mengelilingi kulit buahnya berwarna hijau ketuaan. Hal ini sudah di pastikan semangka yang kita pilih daging buahnya akan berwarna merah, renyah dan manis. Jika semangka kuning warna dagingnya sudah pasti kuning terang. 

  • Pilihlah buah semangka yang memiliki berat yang padat berisi. Mengapa? Karena semangka merupakan buah yang memiliki kandungan air yang banyak. Banyaknya air menandakan bahwa buah ini masih segar.

  • Umumnya pada buah semangka pasti ada sebuah bundaran (lingkaran), semakin bentuk lingkaran itu berukuran kecil maka semakin bagus kualitas rasa yang di hasilkan. Ada baiknya periksalah bagian bawah dari buah semangka, tanda buah semangka yang bagus memiliki lingkaran kuning di bagian bawahnya. Apabila warna lingkarannya lebih condong ke putih atau kehijauan, ini menjadi pertanda bahwa semangkanya masih muda dan belum tua.  Ini akan berpengaruh pada rasa buahnya manis atau tidak.

  • Barangkali ada yang pernah mencoba dengan cara menepuk-nepuk buahnya. Jika sobat menepuk semangka dan tidak menghasilkan bunyi nyaring, itu tandanya semangkanya sudah matang dan biasanya manis. Jika masih bergema kencang berarti semangka tersebut masih muda jadi kurang manis rasanya. Namun terkadang bunyi dari tepukannya yang terdengar (puk..puk...atau dung..dung) seperti Bunyi drum, di kuatirkan buah semangka itu terlalu kematangan dan bisa jadi juga buah semangka sudah lama. Hal ini mengakibatkan dari soal rasa, manisnya jusrtu telah hilang. Kandungan air pada dagingnya pun akan menyusut dan saat di belah tidak terlihat fresh serta warna di sebagian dagingnya terlihat sedikit keputihan atau malah kecoklatan.

  • Cara berikutnya dapat pula memperhatikan pada bagian tangkainya,bilamana terlihat mengering. Kemudian saat di tarik dengan pelan mudah terlepas atau copot dari buahnya. Bila demikian, bisa diartikan buah semangka tersebut benar-benar sudah matang. 

Semangka
nah,itu dia info nya,moga aja bermanfaat untuk kalian semua dan kalian bisa makan semangka yang manis tanpa harus merutuki penjual semangka tempat membeli,hahaha!

saranghaeyo!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar