Sabtu, 14 Januari 2017

penyakit lupus

Bintang.com, Jakarta Mungkin hanya sedikit orang yang tahu tentang penyakit lupus. Penyakit auotimun ini memang enggak banyak diangkat oleh media. Tapi, masih ingatkah kamu dengan beberapa publik figur internasional yang terkena lupus, seperti Selena Gomez, Kristen Johnston, Toni Braxton, Shannon Boxx, dan Nick Cannon? Ternyata, orang biasa pun banyak yang terkena lupus.
Lupus merupakan autoimun kronis yang dapat merusak bagian tubuh manapun. Ketika seseorang menderita lupus, sistem kekebalan tubuh mereka tidak bisa membedakan antara 'penjajah asing' dan sel-sel tubuh sendiri. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh menghancurkan jaringan yang sehat. Menurut data dari Lupus Foundation of America, 1,5 miliar orang di Amerika Serikat menderita lupus. Menurut mereka, orang keturunan Asia, Afrika, dan penduduk asli Amerika punya kemungkinan besar untuk mengembangkan penyakit ini dibandingkan dengan ras kaukasia. Buat kamu yang mungkin belum terlalu paham dengan penyakit ini, Bintang.com kali ini akan membahas tujuh fakta tentang penyakit lupus.
Penyakit ini punya banyak gejala. Karena lupus bisa menyerang bagian tubuh manapun, orang yang terkena lupus akan mengalami berbagai gejala. Banyak orang yang menderita lupus pada awalnya mengalami sakit kepala, nyeri otot, dan lainnya. Tapi, bedanya dengan penyakit lain adalah kamu akan mengalami sakit yang dahsyat. Tapi ada juga gejala lain yang khas dari penyakit ini; ruam berbentuk kupu-kupu pada tulang hidung. Ruam ini menjadi tanda yang paling jelas, meskipun enggak semua orang yang terkena lupus punya tanda ini.
Membutuhkan waktu yang lama sampai seseorang didiagnosa menderita lupus. Kamu mungkin akan terkejut, karena waktu yang dibutuhkan untuk mendiagnosa sangat lama. Kebanyakan, para dokter membutuhkan waktu lima tahun untuk mendiagnosa pasien lupus! Hal ini disebabkan karena banyaknya ragam gejala lupus.
Lupus bisa menyerang beberapa sistem tubuh. Ini juga keunikan yang dimiliki penyakit autoimun. Lupus ternyata bisa menyerang beberapa sistem tubuh. Meskipun begitu, ada beberapa bagian tubuh yang paling banyak diserang penyakit ini; peradangan pada jantung dan paru-paru. Selain itu ginjal juga sering jadi sasaran empuk untuk diserang penyakit ini. Lupus yang menyeranbg ginjal dinamakan dengan lupus nefritis, yang menyebabkan ginjal jadi meeradang dan tidak bisa mencuci darahmu dengan baik. Ternyata, lupus juga bisa menyerang kulit. Sistem tubuh lainnya yang juga bisa diserang lupus adalah sistem saraf, sistem reproduksi, sistem muskuloskeletal, dan sistem pencernaan.
Obat yang digunakan harus kuat. Penyakit ini sangat kuat sehingga untuk menyembuhkannya juga perlu obat yang lebih kuat. Sehingga, obat tersebut juga bisa menimbulkan efek samping yang luar biasa. Salah satu obat yang digunakan bekerja dengan cara yang berbeda dengan obat biasa. Obat ini fungsinya menghentikan sistem kekebalan tubuh yang menyerang tubuh. Tapi obat ini juga akan memberikan risiko yang tinggi, bahkan bisa menimbulkan kanker.
Pasien harus melakukan diet khusus. Hal yang sering sekali dilupakan orang lain adalah faktor penyebab. Beberapa bahan makanan ternyata justru bisa menjadi pemicu penyakit ini kambuh. Pasien lupus harus menghindari kecambah alfalfa karena mengandung jumlah asam amino l-canavanine, yang bisa memicu untuk memicu lupus. Beberapa dokter juga menyarankan pasien menghindari jamur dan bawang putih, yang telah memicu lupus pada beberapa pasien.
Sinar matahari ternyata juga bisa menjadi masalah. Kebanyakan, pasien lupus harus menghindari sinar matahari. Ketika mereka terkena matahari mereka menjadi fotosensitif, yang menghasilkan ruam pada kulit, nyeri sendi, dan melemahnya tubuh. Mereka biasanya mengatasinya dengan menggunakan topi dan tabir surya.
Kebanyakan pasien lupus adalah wanita. Meskipun lupus adalah penyakit yang jarang, tapi 90% dari pasien lupus adalah wanita. Belum ada penjelasan yang berdasarkan penelitian valid, tentang alasan kenapa wanita lebih banyak menderita penyakit ini.
Nah, itu dia tujuh fakta tentang lupus yang mungkin belum kamu ketahui. Penderita lupus jika dibandingkan dengan pasien penyakit lain, jumlahnya memang enggak terlalu banyak. Tapi, kalau kamu melihat sekitar, banyak juga artis dan orang biasa yang menderita penyakit ini. Kalau kamu punya orang terdekat yang menderita penyakit ini, enggak usah takut dan lakukanlah diet yang disarankan oleh dokter.
Baca juga: Selena Gomez dan 4 Selebriti Hollywood Menderita Lupus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar